Sabtu, 17 September 2011

Empat Bulan di Kandatel Malang

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh para netters dan sahabat muslimku semuanya..

Kali ini ijinkan saya untuk sedikit berbagi rasa dan cerita, betapa rindunya hati saya saat 4 bulan tidak bertemu dengan teman-teman saya tercinta.

Demi tuntutan sekolah, dan demi masa depan kami semua, sekolah mewajibkan kami semua untuk melakukan PSG (Pendidikan Sistem Ganda) atau istilah kerennya sih PKL (Praktek Kerja Lapangan), tapi kalau kata tatangga-tetangga saya Magang..
Haha, what ever lah…
Jadi, teman-teman saya ada yang PSG di Malang, Surabaya, Jakarta, Bali, Yogyakarta, bahkan ada yang sampai di luar Malang di Kalimatan sana, yaitu ketua angkatan saya.

Nah, angkatan saya ini angkatan 16 SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Malang, yang dari generasi ke generasi (ciye, kayak kecap ajah..) selalu menjaga kekompakan dan tali parsaudaraannya. Prinsipnya … KORSA (KOrban Sama samA).
Milis wikusama (Widyaloka Kusuma Samekta Makarya) buat para alumni Moklet, ada..
Milis setiap angkatan ada..

Nah, buat jaga-jaga kalau ada something-something selama PSG, kita sepakat bikin Milis angkatan 16, namanya ORKESTRA16 di Yahoo. Alamatnya Orkestra16@yahoogroups.com.
Di sana, kita biasa bertukar ilmu, atau bahkan sekedar sharing-sharing pengalaman dan hal-hal yang terjadi di dunia industry masing-masing.
Namanya belum biasa, ada aja yang diceritain, mulai kisah cinta lokasi yang bersemi di sana, sampai berita hangat-dingin ada di sana..
Seru banget,, sampek terharu waktu saya Tanya masalah tugas yang saya dapet dari pak Manager, balasan dari teman-teman banyak sekali.
Huhuhu,,,

Nah, akhirnya Milist, YM, Facebook pun jadi “CPU”-nya angkatan16.
Kangen banget sama teman-teman..
Biasanya kalau pagi-pagi, sebelum bel, kita ketawa-ketawa dulu, nggosip lah, cerita-cerita ngalor-ngidul sama atemen-temen.
Terus, kalo am kosong, mesti kalo nggak ngenet yah tidur, ato nggak yah nonton film..
Keceriaan semua itu jadi kenangan indah pas PSG,,,
Nah, saya akan cerita sedikit tentang kantor tempat saya PSG.
Saya beserta 20 orang teman saya yang lain PSG di Kandatel Malang di jl. Ahmad Yani 11 Malang. Kalo yang terkenal di tetangga-tetangga saya yah di Telkom Blimbing gitu…
Nih fotonya, gede yah ???


Kantornya tinggiiiiiiiiiiii bangettt, ada 8 lantai, jadi klo gag mau capek yyah musti naek lift.
Tau nggak hari pertama saya ke kantor ?? Oh no !!! Memalukan !!!
Berhubung saya orang kota yang ndeso, belum pernah naek lift, saya pun kaget, pusing, shock berat waktu pertama naik lift, langsung ke lantai 8 boo…
Huft, di lift saya jadi bahan ketawaan temen-temen saya, ndeso katanya..
Ah, bodo amat!! Emang nggak pernah naik lift kok !!!
Akhirnya lama kelamaan saya terbiasa, sekarang senang banget naik lift, kadang mainan, naik turun lift sambil mencet semua tombol yang ada di dalem, sampek liftnya berhenti di setiap lantai…
Hahaha !!!!

Tentang karyawan-karyawan di sana, duh…
Saya sangat segan, dan sayanggggggggggggg sekaliiiiiiii sama mereka..
Beliau-beliau ramah, baik, mengajari dengan sabar, dan banya donator tetap buat camilan !!!
Hehehe…
Saya PKL di bagian Customer Data Management, di lantai 6, yang mengurusi maintenance data pelanggan…
Di sana ada Bu Evy, Pak Bambang Dewan, Bu Sumaiyah, Pak Munding, dan Pak Khidir..
Kalau Bu Evy, saya terkesan dengan kedisiplinan, dan keramahan dan kasih saying beliau. Saya juga beberapa kali pernah ditraktir beliau makan Mie Cak Kribo di dekat Pasar Blimbing, hembh.. Wenak.. tapi sekarang beliau sudah oindah tugas ke Malang Kota, Cuma beberpa kali ke kantor sini.. tapi saya sayang banget sama beliau…
Kalau Pak Bambang Dewan, saya salut dan segan banget sama beliau, ilmu agamanya, kerendahan hatinya, dan semangat bekrjanya sangat tinggi. Saya kagum banget sama beliau..
Nah, yang ini Bu Sumaiyah, favoritnya temen-temen, karena beliau donator tetap kita, buat makanan… Hehehe… bu sum itu baik banget, enak diajak omong, lembut dan penuh kasih sayang..

Pak Munding itu baik orangnya, perhatian, murah senyum dan humoris.
Kalau Pak Nur Chidir itu serius, tapir amah dan murah senyum…
Hari demi hari pun berganti, nggak terasa udah dua bulan saya PKL di sini, kenalan dan relasi pun bertambah, mulai dari bapak-ibu karyawan sampai mbak-mbak Customer Service kenalan. Seneng deh rasanya bias nambah koneksi buat bekal masa depan kita nanti..

Nah, suatu hari aku dapet tawaran kerja parttime dari Mbak Fari angkatan 10, jadi Customer Care yang bertugas mendata pelanggan untuk program Telkom yaitu Telpon Rumah Rejeki Tumpah. Seneng juga meskipun capek, karena bias dapet uang dari hasil keringat sendiri, meskipun Cuma dikit. Satu kali nelpon saya dibayar Rp 400,-. Jadi klo sehari dapet 80an bisa dapet 80 x 400 = 28000 rupiah. Karena sebulan Cuma kerja 4 hari (hari Sabtu doank) jadi sebulan dapet 28000 x 4 = 112000. Yah lumayan, buat jajan..


Ada juga temenku yang ngenyek (ngejek) katanya “Apaan tuh kerja nelpon orang gag jelas.. “. Ah, bodo amat, yang penting kan halal, sekaligus nambah pengalaman gitu,,,

Hembh, tapi seenak-enaknya kerja, menurutku lebih enak sekolah. Selain tiap hari bisa ngumpul-ngumpul sama temen-temen, kita juga nggak perlu pusing-pusing mikirin uang, tinggal minta sama orang tua. Hehehe..

Tapi kita mesti mandiri, dan akhirnya bisa saya simpulkan, bahwa banyak seklai manfaat yang bisa didapat saat PKL :
1. Banyak ilmu baru yang belum diajarkan di sekolah. Saya misalnya, berotak-atik dengan PHP, MYSQL, ORACLE lebih jauh dan dalam di dunia kerja sejak dapet tugas dari Pak Amin (Manager Kandatel Malang).
2. Memperluas koneksi dan relasi kerja. insyaAllah nantinya akan sangat membantu kita dalam mencari kerja.
3. Koneksi internet gratis. Hehehe..
4. Belajar memahami dunia kerja yang sesungguhnya. Dan ternyata, dunia industri lain sekali sama dunia skula…
5. Dapet kerjaan baru nih, yang insyaAllah bisa jadi batu pijakan pas lulus nanti. Amin.. heheh…

Nah sobatku semuanya, janganlah kita melihat semuanya dengan sebelah mata. Jangan langsung ditelan pahitnya, dengan beranggapan bahwa PKL itu bikin pusing, mbosenin, nganggur ato sebagainya… justru niatkan semuanya untuk ibadah dan menuntut ilmu. Innamal a’malu bin niat.. awali semuanya dengan senyuman, niat dan semangat dengan melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan.

Okey ??
Semangat yah ??
Angkatan 16 BISA !!!!
^_^ Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar