Sabtu, 17 September 2011

Talking Talking Yukz !!

VOIP

Ngobrol Tanpa Batas di Internet

     Assalamualaikum netters semuanya…

=) Gimana nih kabarnya ?? Apik-apik wae khan ??

=( Huh, baik muka loe peyang ?? Gag punya pulsa, ngenet mulu bosen !!!

=) Eh, kok sewot, gag tau ada VOIP yah ?

=? VOIP ? Apaan tuh ? Baru tau klo Q-WAH Café punya kue VOIP . . .

     Haduw susah yah kalau ketemu orang yang gaptek alias gagap teknologi ! Tapi gag usah sewot, inilah tujuan dari blog ini : Vriska Technology - - - - Dreams Becomes True !!! Jeng jeng jeng …

     Hahaha, langsung wae lah …

     VOIP ntu kepanjangan dari Voice Over Internet Protocol, artinya di sini kita bisa ngemeng-ngemeng sama orang lain melalui internet. Aneh ya ? Tapi itulah technology, “dreams becomes true”. Ini sejarah singkatnya VOIP :

     Halah, Cuma ngemeng doank ! Pake YM juga bisa khan? Eits, jangan salah dulu guyz . . . Interest think about VoIP( Voice over Internet Protocol ) adalah banyaknya cara untuk melakukan panggilan. Saat ini ada 3 jenis metode yg berbeda yang paling sering digunakan untuk melakukan layanan VoIP( Voice over Internet Protocol ), yaitu :


1. ATA (Analog Telephone Adaptor) 
     Nah, kalau cara yang paling sederhana dan paling umum adalah dengan menggunakan suatu alat yang disebut ATA. ATA memungkinkan kita untuk menghubungkan pesawat telepon biasa ke komputer atau disambungkan ke internet untuk dipakai VoIP. ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet. Provider seperti VONAGE dan AT&T Callvantage membuat alat ATA dan memberikannya secara gratis kepada pelanggannya sebagai bagian dari service mereka. Mereka tinggal membuka ATA, memasang kabel telepon ke alat, dan VoIP sudah bisa digunakan. Beberapa jenis ATA dipaket dan dibundel beserta software tambahan yang harus diinstalkan pada komputer untuk melakukan konfigurasi ATA, tetapi pada umumnya itu hanya setting yang sangat gampang.

2. IP Phones
    Pesawat telepon khusus ini kelihatannya sama dengan telepon biasa. Tapi selain mempunyai konektor RJ-11 standar, IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP. Nggak lama lagi, IP Phone nirkabel (wireless) bakal tersedia, dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan VoIP dari hotspot yang tersedia.

3. Computer-to-Computer 
     Cara ini jelas merupakan cara paling mudah untuk melakukan panggilan VoIP. Kamu bahkan nggak usah membayar satu sen pun untuk melakukan panggilan SLJJ. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan program yang harganya murah bahkan gratis yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan VoIP. Yang harus kamu sediain cuman program (software), mikrofon, speaker, soundcard dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi internet yang relatif cepat seperti koneksi Kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, biasanya tidak ada lagi biaya untuk panggilan Computer-to-Computer, seberapa jauh pun jaraknya.
     Dalam komunikasi VOIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

     Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendalikan, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.

Selain itu, ada banyak lo keunggulan VOIP. Yaitu :
  • Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah. Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh.
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara.
  • VoIP menggunakan lebar jalur (bandwidth) yang lebih kecil daripada telepon biasa sehingga suara yang berformat data yang dilewatkan membutuhkan kecepatan akses yang tidak terlalu besar (sekitar 8kbps).
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang ada.
  • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar.
  • Variasi penggunaan peralatan yang ada misal dari PC disambung ke telepon biasa, IP Phone Handset.
  • Dengan adanya gateway, bentuk jaringan VoIP dapat di sambungkan dengan PABX yang ada. Hal ini memungkinkan antar kantor cabang bisa menggunakan pesawat telepon biasa untuk berkomunikasi.
     Trus gimana dunkz aplikasinya di internet ? Nah, urusan aplikasi kita bisa memakai :

1. Skype
     Skype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya Lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Mirip YM yah ? Skype memiliki berbagai macam feature yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon selular.

     Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype, pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi.

    Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P. Program ini merupakan program bebas (dapat didownload dengan gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasisuara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suar. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis ,orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.


     Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.


Kualitas suara yang lebih baik


     Dalam hal kualitas suara yang lebih baik, hal ini mungkin terjadi karena tim kerja Skype telah berhasil mengontrol sumberdaya- sumberdaya yang tersedia pada jaringan. Sehingga meningkatkan keberhasilan panggilan dan kualitas pada jaringan Skype melebihi tingkat POTS (Plain Old Telephony System: Sistem Telepon Tua Biasa) tanpa menggunakan pemusatan sumberdaya yang mahal. Dengan menyederhanakan perangkat lunaknya, sistem ini memungkinkan pengaplikasian yang mudah oleh siapapun.



2. Netmeeting
Visualisasi Proses Setting Gatekeeper di NetMeeting

     Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan salah satu aplikasi yang mendukung VoIP dan juga Video Conference. Aplikasi ini menggunakan protocol H.323 untuk Video dan Audio Conference. Sama dengan aplikasi lainnya tetap memerlukan registrasi untuk mendapatkan user id dan password, agar bisa berkomunikasi dengan para pengguna netmeeting lainnya. Aplikasi ini sudah include didalam system windows 95 sampai windows XP.

     Agar para pengguna NetMeeting di Windows tidak bingung, berikut ini disertakan visualisasi proses setting gatekeeper di NetMeeting. Pada gambar di atas adalah tampilan software NetMeeting yang siap untuk di operasikan. Tombol yang perlu kita perhatikan untuk memulai setting gatekeeper NetMeeting adalah tombol Tools yang berada di atas nomor tiga (3) dari kiri.
  1. Setelah mengklik pada tombol Tools [ Options di tekan anda akan melihat beberapa pilihan Options NetMeeting yang dapat di set, yaitu, General, Security, Audio dan Video.
  2. Untuk operasi jaringan VoIP Perjuangan, kita cukup menset bagian General ini & juga bagian Advanced Calling yang terdapat di bagian kanan bawah.
  3. Isikan First Name, Last Name, E-mail address, Location & Comment sesuai dengan data pribadi anda.
  4. Jika anda menginginkan NetMeeting beroperasi di background setiap kali Windows start, klik pada kalimat “Run NetMeeting in the background when Windows starts.”.
  5. Jika tombol Advanced Calling Options di tekan, anda akan memperoleh       pilihan untuk menset Gatekeeper atau Gateway yang akan digunakan oleh   NetMeeting untuk berkomunikasi.
  6. Dalam jaringan VoIP Perjuangan, kita menggunakan Gatekeeper. Klik pada   kalimat “Use a gatekeeper to place calls” dan isikan nomor IP gatekeeper     yang akan digunakan. Bagi anda yang tidak menggunakan server                 proxy dan langsung terhubung ke Internet menggunakan dial-up dapat         menggunakan gatekeeper 202.148.63.18 milik APJII yang terletak di IIX.
  7. Yang perlu di klik juga adalah kalimat “Log on using my phone number”,       dan isikan nomor telepon anda sesuai saran penomoran telepon di atas.       Perlu diperhatikan bahwa gatekeeper hanya akan meregistrasi telepon         dengan nomor 0111 xxx xxxxxxx di Internet. Mohon di jaga agar nomor         telepon ini tetap anda gunakan & tidak di ubah-ubah karena sewaktu –waktu rekan anda akan menghubungi anda menggunakan nomor telepon yang sudah anda set.
  8. Setelah anda tersambung ke Internet & NetMeeting berhasil teregistrasi kegatekeeper, perhatikan gambar dua komputer di pojok kanan bawah di tampilan NetMeeting anda. Gambar dua (2) komputer yang berada di pojok kanan bawah akan berubah warna, bukanlagi abu-abu. Hal ini menunjukan bahwa NetMeeting telah  teregistrasi dengan baik kegatekeeper.
  9. Untuk berkomunikasi dengan rekan melalui VoIP & NetMeeting sama sekali tidak sukar.
         
Yang perlu anda lakukan hanya mengklik tombol telepon di kanan atas NetMeeting dan memasukan nomor telepon yang ingin anda hubungi.Jika hubungan komunikasi berhasil di jalin, maka gambar komputer di kanan bawah, disebelah gambar dua (2) komputer akan berubah warna. Maka pensettingan pun sudah selesai dilakukan.


3. X-LITE
     X-Lite adalah sebuah aplikasi opensource pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP(Session Initiation Protocol). X-Lite di kembangkan pertama sekali oleh CounterPath. 
X-Lite 3.0 sudah memiliki feature suara, video dan instant messaging atau media untuk chatting.

     Cara setting X-Lite sebagai berikut:

1. Jalankan X-Lite, kemudian klik kanan pada layar monitor, seprti gambar 6


     2. Akan muncul menu SIP dan isilah sesuai dengan nama dan nomor ekstensi
       yang sudah dibuat di server Asterisk, seperti gambar 7.

      3. Klik menu Voicmail dan isilah form number of dial dan number for sending
        dengan nomor ekstensi yang telah dibuat, seperti gambar 8.

Kalau sudah jalan menu voicmail akan berubah seperti gambar 9.

Gambar 9 Verifikasi Voicmail


 5. Klik OK, maka pada layar X-Lite akan muncul tulisan Ready, Your username is: 0008. Berarti anda telah berhasil setting X-Lite dengan data yang benar, seperti gambar 10.

Gambar 10 X-Lite Berhasil
Nah, mari berVOIP ria guys…
Eits, ada “tapi” nya loh…
  • Kualitas suara.na VOIP nggak sejernih telepon rumah (PSTN). Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan telepon dan tidak terputus-putus.
  • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband.
  • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati Internet.
    Peralatan relatif Mahal.
  • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
  • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sitem penomoran.
  • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
  • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
  • Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan.
  • Sulit mengirimkan fax.
Jadi, kalo menurut saran saya mending jangan gunakan VOIP sebagai alat komunikasi utama anda. Biasanya, di sekolah saya tercinta, SMK Telkom Sandhy Putra Malang, temen-temen Cuma pake VOIP (Netmeeting) di tingkat jaringan local ajah…

Sekian dulu yah …

Selamat berVOIP ria . . .


Special thanks to : Renny, Dustin, Arief, Eggi (VOIP group of SMK Telkom Sandhy Putra Malang 2RPL2/2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar